Persamaan Spanyol Dan Italia

Agustus 9, 2008 at 7:00 pm Tinggalkan komentar

Apa persamaan Italia dan Spanyol?

Sama-sama terjerat kasus besar diawal, tapi malah juara diakhir cerita.

Italia, sebelum menjuarai piala dunia 2006, liga sepakbola utamanya, Serie A, digoyang masalah Calciopoli. Juventus yang tampil digdaya di Italia setelah merebut scudetto dua kali berturut-turut pada musim 2004-05 dan 2005-06. Namun, kedua gelar tersebut dicabut karena Juventus, bersama klub Italia lainnya: AC Milan, Lazio, Fiorentina, dan Reggina, terlibat skandal pengaturan skor yang dikenal dengan sebutan Calciopoli. Gelar musim 2005-06 “diberikan” kepada Inter Milan sedangkan gelar musim 2004-05 dinyatakan kosong.

Skandal ini pertama ditemukan karena penyelidikan doping di Juventus, di mana beberapa alat penyadap dipasang. Transkrip pembicaraan telepon diterbitkan di surat-surat kabar Italia, di antaranya adalah pembicaraan manajer umum Juventus, Luciano Moggi pada musim pertandingan 2004-05 mengenai pengaturan pertandingan, perjudian, dan pemalsuan catatan keuangan. Moggi sendiri kemudian diberi sanksi dilarang aktif di persepakbolaan selama lima tahun.


Tapi, kasus Calciopoli tidak terlalu mempengaruhi permainan anak asuh Marcelo Lippi. Mereka melaju terus hingga babak final dan mengandaskan Perancis dengan adu pinalti.

Sedangkan Spanyol, sebelum menjuarai piala Eropa 2008, kesempatan Spanyol untuk mengikuti Piala Eropa 2008 sangatlah suram setelah Komite Olahraga Spanyol (CSD) mengatakan bahwa federasi sepakbola Spanyol (RFEF) tidak berada di bawah hukum FIFA dan harus melaksanakan pemilihan ketua umum sebelum 31 Maret dan bukan di bulan November seperti yang RFEF inginkan.

CSD yang dihubung-hubungkan dengan Menteri Pendidikan Spanyol, menambahkan mereka akan meninjau kesepakatan yang dicapai kongres RFEF sebelum mengumumkan keputusan akhir mereka. Keinginan RFEF untuk melakukan pemilihan ketua umum ini digelar sebelum 26 November didukung FIFA, sebab pemilihan ini dilakukan setelah perhelatan Piala Eropa.

Meski demikian, pemerintah Spanyol melalui CSD memaksa semua federasi olahraga, baik yang mengikuti olimpiade atau tidak, mengadakan pemilihan ketua umum pada tiga bulan pertama 2008.

“Tak ada satupun institusi, sepenting apapun (institusi) itu, dapat berada di atas hukum dan semua keputusan diambil di pengadilan,” sebut CSD dalam pernyataannya seperti dilansir AFP. Dalam pernyataan tersebut, CSD juga menambahkan bahwa mereka akan menganalisis kesepakatan yang diambil RFEF dan akan segera mengumumkan keputusannya.

Pernyataan CSD juga menyebutkan bahwa setiap perubahan peraturan harus mendapat persetujuan mereka. “Dalam tiap kasus, memodifikasi statuta dan peraturan dari sebuah federasi tidak dapat dilakukan jika tidak disetujui oleh CSD, yang merupakan perwakilan dari pemerintah,” seperti terpapar dalam pernyataan CSD.

Presiden RFEF, Angel Maria Villar, sebelumnya telah menuntut perubahan aturan pada CSD karena mereka juga harus tunduk pada statuta FIFA. Namun mereka harus menelan pil pahit, karena pada Jumat (29/02) pengadilan Spanyol menolak tuntutan tersebut.

Jika Spanyol terpaksa menerima sanksi FIFA berupa larangan mengikuti Piala Eropa, maka Irlandia Utara akan menggantikan mereka. Peristiwa seperti ini pernah terjadi sebelumnya pada perhelatan Piala Eropa 1992, di mana Denmark menggantikan Yugoslavia. Bedanya, saat itu Yugoslavia terkena diskualifikasi karena sedang terjadi perang di negara tersebut.

Dengan demikian, jika sebuah negara, khususnya di Eropa, ingin menjadi kampiun disebuah kompetisi besar, mungkin harus bikin skandal dulu supaya bisa juara seperti yang sudah dialami 2 negara tadi 2 tahun berturut-turut

sumber : bolanova.com

Entry filed under: BERITA. Tags: , , , .

Kesan EURO 2008 Yang Masih Tertinggal Daniele De Rossi, Midfielder Dengan Mata Haus Gol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Status

Supported by

pimp myspace

Informasi

tips pemesanan

%d blogger menyukai ini: