Janji Henry

Juli 31, 2008 at 4:09 pm Tinggalkan komentar

“Do as you do, not as they say….”

Sebuah quotes dengan kalimat di atas, terpampang jelas di salah satu billboard pusat perbelanjaan kota Jakarta. Quotes yang diambil oleh sebuah perusahaan apparel dan perlengkapan olahraga ternama, yang secara langsung mengilhami saya untuk membuat artikel yang berhubungan dengan “one of the best striker in the world of football”.

Thierry Henry, rupa-rupanya memperoleh kehormatan dari Reebok, sebagai sosok representatif yang pantas untuk merealisasikan semboyan elegan nan menstimulasi rasa percaya diri.

Mengapa Henry ? Obyektifnya, pemain terbesar Arsenal sepanjang masa, ini sudah “habis”. Memasuki usia lanjut” pesepakbola, tepatnya pada hari kemerdekaan kita Agustus nanti, Henry akan berusia 31 tahun. Insting pembunuh di kotak penalti dan gaya finishing dengan placing shot, pun sangat jarang kita saksikan selama setahun merumput di Catalunya.

Henry gagal menembus line up El Barca, yang punya pola permainan ditumpuk kepada Messi plus Eto’o
. Sisanya kolaborasi Xavi-Deco, menutup kans individu sang pangeran Prancis. Padahal jika dihitung-hitung, gaya main Barcelona di bawah Frank Rijkaard, sebenarnya cukup mentolerir aksi individu dari kiri dan kanan luar sektor depan.

Namun kebiasaan Henry sebagai leader “numero uno” di Arsenal, yang berkorban untuk menjemput bola dari tengah, membuatnya terjebak sebagai striker gantung di Barca. Akibatnya posisi lapangannya menjadi  tidak efektif.

Barca yang bermain menyerang, butuh banyak gol, sudah terbiasa memasung tiga penyerang untuk statis di depan. Diharapkan dalam sebuah irama counter attack, gol akan lebih mudah diciptakan dengan prosesi tersebut.

Henry belajar banyak dari hal tersebut. Musim depan, Henry akan “bernyanyi” lebih kencang !!!

Tak banyak yang tahu, meski dianggap gagal, musim lalu Henry adalah topskornya Barcelona
. 19 gol dan 10 assist adalah yang terbaik dari siapapun laskar Azulgrana 2007-2008.

Bak dunia yang berbalik, Henry mendapat asa. Rijkaard sudah pergi, dan Guardiola datang mengganti. Henry yang tidak mau tenggelam dalam masalah pribadi, pasca perceraiannya, punya secercah harapan dalam pola permainan baru ala Josep “Pep”.

Guardiola yang semasa aktif bermain, pasti punya nostalgia bagaimana “melayani” striker-striker mirip Henry dalam diri Hristo Stoichkov.

Yang terpenting, Pep tidak mematok “mati” pola 4-3-3. Dan jika memang begitu adanya, Henry akan menjadi tumpuan terpenting (selain Messi) di sektor depan. Kepergian Ronaldinho, ketidakpastian Eto’o akan menjadi alasan-alasan lain bagi “kebangkitan kedua” The King di El Barca.

Bojan yang sedang berkembang, Messi yang mulai memuncak, akan digenapi oleh Henry yang bijak. Kepemimpinan, dan kemampuan skillnya akan menjadikan Henry sebagai forward yang efektif. Meski passingnya tidak sebaik Ronaldinho, Henry punya visi yang sangat berguna bagi kolaborasi lini tengah-depan Barca.

Henry bukanlah pemain egois yang mencari peluang sekecil apapun untuk mencetak gol. Henry adalah seorang pejuang, pembesar 174 gol dalam 254 game bersama The Gunners. Si kurus yang kurang ekspresif, namun stylish dalam penyelesaian akhir.

Reebok tentu tidak salah pilih, bahwa Thierry akan menjadi “dirinya sendiri”
. Seflamboyan gaya mainnya, dan secepat langkah kakinya, Henry ingin memberi bukti.

Di penghujung karier, Henry tidak lagi mencari jati diri, tapi menegaskan janji, tentu dengan visinya sendiri.

Entry filed under: BERITA. Tags: .

Seto Gabung dengan Persiba Bantul Ronaldo : “Money isn’t Everything”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Status

Supported by

pimp myspace

Informasi

tips pemesanan

%d blogger menyukai ini: